Seringkali saya berbincang dengan pemilik toko online yang mengeluhkan
sulitnya mengelola media komunikasi newsletter untuk customer mereka.
Mereka sudah punya data berupa email-email customer mereka, tetapi tidak
tahu cara yang mudah dan praktis. Maka data-data ini sayang sekali
sia-sia begitu saja. Padahal dengan memaksimalkan manfaatnya, kita bisa
meningkatkan jumlah returning customer secara signifikan.
Nah, ada sebuah tools yang sangat canggih dan user-friendly khusus untuk
mengolah newsletter anda. Yaitu MailChimp. Anda dapat menemukannya di
halaman MailChimp.com. Dengan registrasi Gratis saja, anda sudah dapat
memanfaatkan fasilitas broadcast newsletter dan pengelolaan data
customer. Di sini, saya akan sedikit memberikan petunjuk penggunaannya.
Tampilan MailChimp yang saya gunakan pada gambar adalah tampilan sesuai
tanggal 8 Juli 2013. Tampilannya mungkin berubah di masa depan, jadi
anda dapat sedikit menyesuaikan.
Pertama-tama silahkan registrasi seperti biasa dengan mengisikan data
Anda. Kemudian aktivasi account melalui email, dan login menggunakan
account Anda. Selanjutnya, anda dapat mengikuti langkah berikut:
1. Membuat Daftar Pelanggan.
Silahkan masuk pada menu "List" lalu tekan tombol "Create List" dan isikan data sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Memasukkan Data Customer Anda.
Silahkan klik list yang sudah terbuat sebelumnya. Setelah masuk dalam
jendela list Anda, silahkan klik icon "person" yang ada disebelah kanan
dan klik menu dropdown "add subscriber", lalu isikan data customer Anda
disini.
Atau, jika Anda sudah mempunyai file excel yang berisi daftar customer
Anda, silahkan menggunakan fasilitas "import" dan upload file excel
Anda. Silahkan klik menu "impor" dan akan keluar tampilan seperti
berikut:
Selain import file excel, Anda juga bisa mengimport contact dari beberapa provider seperti Google, Zendesk, dll.
3. Membuat Campaign untuk Newsletter.
Silahkan klik menu "Campaigns" lalu klik tombol "Create Campaign".
Lalu silahkan pilih "Send to Entire List" untuk mengirim newsletter
kepada semua pelanggan Anda. Atau Anda bisa memilih "Send to a Segment"
jika Anda ingin menyaring penerima newsletter Anda. Klik tombol "Next"
yang ada di pojok kanan bawah.
Setelah itu, isi Nama kampanye, Subject kampanye, "From Name", dan
"Reply-to" saja. Biarkan yang lainnya default. Kecuali Anda ingin
bereksperimen menggunakan opsi-opsi tambahan lainnya silahkan
mengutak-atik opsi yang tersedia. Jika sudah, klik tombol "Next" yang
ada di pojok kanan bawah.
Setelah itu Anda akan diberikan 4 pilihan untuk membuat template tampilan email.:
1. Drag & Drop Editor : Silahkan pilih opsi ini jika Anda ingin
membuat sendiri layout email Anda beserta gambar dan contentnya.
2. My Template : Silahkan pilih opsi ini jika ingin menggunakan template yang telah Anda buat sebelumnya.
3. Basic : Anda akan disediakan template layout yang siap untuk anda isikan konten.
4. Predesigner : Anda sudah disediakan template jadi yang siap Anda edit kontennya sesuai dengan kebutuhan Anda.
Di awal, saya sarankan untuk memilih opsi nomor 4. Setelah itu pilih
template yang Anda sukai, lalu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Jika sudah, klik tombol "Next" yang ada di pojok kanan bawah.
Di langkah ini, silahkan isi konten email alternative jika penerima
newsletter Anda menggunakan gadget atau browser yang masih menggunakan
teknologi lama, sehingga email yang Anda buat sebelumnya tidak mampu
ditampilkan dengan baik. Jika sudah, klik "Next".
Kemudian Anda tinggal konfirmasi saja dan pastikan data yang akan anda
kirim sudah benar. Jika Anda sudah yakin akan mengirimkan newsletter
tersebut, silahkan klik tombol "Send Now". Atau jika Anda ingin membuat
pengiriman yang terjadwal untuk newsletter yang baru saja Anda buat
tersebut, silahkan klik tombol "Schedule" dan silahkan atur
penjadwalannya.
Selamat, Anda sudah berhasil mengelola Mailchimp untuk mengirim email
newsletter ke customer Anda. Untuk melihat laporan mengenai hasil dari
kampanye newsletter Anda, anda dapat membukan menu Report. Di sini, Anda
bisa melihat berapa orang yang melihat email Anda, berapa orang yang
melakukan klik "action" dan membeli produk Anda, dan berbagai data
lainnya. Dari data tersebut, Anda secara otomatis bisa menyimpulkan
seberapa efektifkah email newsletter atau konten promo Anda.
Terakhir, perlu saya sampaikan bahwa ada beberapa batasan untuk
fasilitas Gratis dari Mailchimp, yaitu jumlah customer hanya maksimal
2.000 dan email yang dikirim perbulan 12.000. Tetapi untuk toko online
start-up, saya rasa jumlah tersebut sudah lebih dari cukup. Selamat
mencoba ;-)
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menggunakan MailChimp untuk Mengelola Newsletter Bisnis di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
2 komentar
mantap gan tutorial nya,
BalasSip gan. Saya emang lagi mo belajar mailchimp. Tq infonya
Balas