Cara Menggunakan MailChimp untuk Mengelola Newsletter Bisnis

Seringkali saya berbincang dengan pemilik toko online yang mengeluhkan sulitnya mengelola media komunikasi newsletter untuk customer mereka. Mereka sudah punya data berupa email-email customer mereka, tetapi tidak tahu cara yang mudah dan praktis.  Maka data-data ini sayang sekali sia-sia begitu saja. Padahal dengan memaksimalkan manfaatnya, kita bisa meningkatkan jumlah returning customer secara signifikan.
Nah, ada sebuah tools yang sangat canggih dan user-friendly khusus untuk mengolah newsletter anda. Yaitu MailChimp. Anda dapat menemukannya di halaman MailChimp.com. Dengan registrasi Gratis saja, anda sudah dapat memanfaatkan fasilitas broadcast newsletter dan pengelolaan data customer. Di sini, saya akan sedikit memberikan petunjuk penggunaannya.
Tampilan MailChimp yang saya gunakan pada gambar adalah tampilan sesuai tanggal 8 Juli 2013. Tampilannya mungkin berubah di masa depan, jadi anda dapat sedikit menyesuaikan.
Pertama-tama silahkan registrasi seperti biasa dengan mengisikan data Anda. Kemudian aktivasi account melalui email, dan login menggunakan account Anda. Selanjutnya, anda dapat mengikuti langkah berikut:

1. Membuat Daftar Pelanggan.
Silahkan masuk pada menu "List" lalu tekan tombol "Create List" dan isikan data sesuai dengan kebutuhan Anda.
1-mailchimp
2. Memasukkan Data Customer Anda.
Silahkan klik list yang sudah terbuat sebelumnya. Setelah masuk dalam jendela list Anda, silahkan klik icon  "person" yang ada disebelah kanan dan klik menu dropdown "add subscriber", lalu isikan data customer Anda disini.
2-mailchimp
Atau, jika Anda sudah mempunyai file excel yang berisi daftar customer Anda, silahkan menggunakan fasilitas "import" dan upload file excel Anda. Silahkan klik menu "impor" dan akan keluar tampilan seperti berikut:
3-mailchimp
Selain import file excel, Anda juga bisa mengimport contact dari beberapa provider seperti Google, Zendesk, dll.

3. Membuat Campaign untuk Newsletter.
Silahkan klik menu "Campaigns" lalu klik  tombol "Create Campaign".
11-mailchimp
Lalu silahkan pilih "Send to Entire List" untuk mengirim newsletter kepada semua pelanggan Anda. Atau Anda bisa memilih "Send to a Segment" jika Anda ingin menyaring penerima newsletter Anda. Klik tombol "Next" yang ada di pojok kanan bawah.
4-mailchimp
Setelah itu, isi Nama kampanye, Subject kampanye, "From Name", dan "Reply-to" saja. Biarkan yang lainnya default. Kecuali Anda ingin bereksperimen menggunakan opsi-opsi tambahan lainnya silahkan mengutak-atik opsi yang tersedia. Jika sudah, klik tombol "Next" yang ada di pojok kanan bawah.
5-mailchimp
Setelah itu Anda akan diberikan 4 pilihan untuk membuat template tampilan email.:
1. Drag & Drop Editor : Silahkan pilih opsi ini jika Anda ingin membuat sendiri layout email Anda beserta gambar dan contentnya.
2. My Template : Silahkan pilih opsi ini jika ingin menggunakan template yang telah Anda buat sebelumnya.
3. Basic : Anda akan disediakan template layout yang siap untuk anda isikan konten.
4. Predesigner : Anda sudah disediakan template jadi yang siap Anda edit kontennya sesuai dengan kebutuhan Anda.
6-mailchimp
Di awal, saya sarankan untuk memilih opsi nomor 4. Setelah itu pilih template yang Anda sukai, lalu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, klik tombol "Next" yang ada di pojok kanan bawah.
7-mailchimp
Di langkah ini, silahkan isi konten email alternative jika penerima newsletter Anda menggunakan gadget atau browser yang masih menggunakan teknologi lama, sehingga email yang Anda buat sebelumnya tidak mampu ditampilkan dengan baik. Jika sudah, klik "Next".
8-mailchimp
Kemudian Anda tinggal konfirmasi saja dan pastikan data yang akan anda kirim sudah benar. Jika Anda sudah yakin akan mengirimkan newsletter tersebut, silahkan klik tombol "Send Now". Atau jika Anda ingin membuat pengiriman yang terjadwal untuk newsletter yang baru saja Anda buat tersebut, silahkan klik tombol "Schedule" dan silahkan atur penjadwalannya.
9-mailchimp
Selamat, Anda sudah berhasil mengelola Mailchimp untuk mengirim email newsletter ke customer Anda. Untuk melihat laporan mengenai hasil dari kampanye newsletter Anda, anda dapat membukan menu Report. Di sini, Anda bisa melihat berapa orang yang melihat email Anda, berapa orang yang melakukan klik "action" dan membeli produk Anda, dan berbagai data lainnya. Dari data tersebut, Anda secara otomatis bisa menyimpulkan seberapa efektifkah email newsletter atau konten promo Anda.
10-mailchimp
Terakhir, perlu saya sampaikan bahwa ada beberapa batasan untuk fasilitas Gratis dari Mailchimp, yaitu jumlah customer hanya maksimal 2.000 dan email yang dikirim perbulan 12.000. Tetapi untuk toko online start-up, saya rasa jumlah tersebut sudah lebih dari cukup. Selamat mencoba ;-)
 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menggunakan MailChimp untuk Mengelola Newsletter Bisnis di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

2 komentar

mantap gan tutorial nya,

Balas

Sip gan. Saya emang lagi mo belajar mailchimp. Tq infonya

Balas