Installasi Nginx Untuk Virtual Hosting Dengan PHP

nginx (baca: engine X )adalah sebuah web server yang ringan. Perbedaan utama antara nginx dan Apache adalah bahwa nginx menggunakan asynchronous IO untuk menangani permintaan ketika Apache menggunakan proses perambatan. Hal ini memungkinkan nginx lebih kecil dan lebih cepat. nginx telah dikembangkan untuk sistem highloaded. Mendukung load balancing, caching pada tingkat server web dan banyak fitur lainnya.

Menyiapkan Nginx
Nginx terdapat pada sebagian besar distribusi Linux dan BSD, akan tetapi sangat dianjurkan selalu menggunakan versi terbaru yang tersedia dari situs resmi. Kita akan memulai dengan mengkompilasi nginx dari kode sumber. Pertama-tama, dapatkan sumber nginx dari situs resmi. Pastikan untuk men-download versi terbaru dan tidak copy-paste link yang tercantum dalam contoh ini!
 
 
Dan kemudian ekstrak tarball dan masukkan direktori kode sumber.
 
 
Sebelum Anda melanjutkan, Anda harus menginstal beberapa dependancies. Kita akan membangun nginx dari kode sumber, jadi kita mungkin perlu beberapa compiler dan file header yang akan diinstal. Untuk instalasi CentOS murni Anda biasanya hal yang perlu ditetapkan ialah seperti:
 
 
PCRE memungkinkan penulisan ulang URL, menyediakan kompresi zlib, OpenSSL dan memungkinkan untuk menggunakan protokol HTTPS. Jika Anda juga membutuhkan fungsi GeoIP, Anda harus menginstal file pengembangan GeoIP juga.
 
 
Yang terakhir, kita akan menyiapkan lingkungan variabel CFLAGS  yang memaksa compiler untuk menggunakan optimasi, karena mereka dinonaktifkan secara default.
 
 
Sekarang Anda dapat menjalankan skrip konfigurasi. Kita akan menambahkan beberapa pilihan untuk mengaktifkan semua fitur nginx, termasuk pengikat(binding) GeoIP (menonaktifkannya jika Anda tidak membutuhkannya).
 
 
Anda dapat menambahkan beberapa modul lain, seperti --with_http_image_filter_module, yang memungkinkan anda untuk memodifikasi gambar "on the fly", tetapi perhatikan bahwa mereka mungkin perlu beberapa dependancies ekstra.
 
Setelah selesai mengkonfigurasi script, ketik make untuk memulai kompilasi. Biasanya memakan waktu kurang dari satu menit dan tergantung pada konfigurasi server Anda. Jika server anda memiliki banyak prosesor (core), Anda dapat menjalankan make -jN dimana N adalah jumlah core pemrosesan + 1.
 
Dan menjalankan perintah berikut untuk menginstal nginx.
 
 
Selamat, sekarang Anda memiliki nginx yang terinstallasi di sistem anda. Anda dapat menguji dengan menjalankan /opt/nginx/sbin/nginx. Jangan khawatir bahwa Anda menjalankannya sebagai root, karena Anda telah mengkonfigurasi sebuah account unprivilege untuk nginx, sehingga ia akan menggunakannya untuk proses kerja. Jika sekarang Anda membuka IP server Anda pada browser Anda, Anda akan melihat halaman selamat datang nginx standar itu. :)
 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Installasi Nginx Untuk Virtual Hosting Dengan PHP di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :