Waspadai terhadap Amukan Google Yang Akan Basmi Situs Pelanggar Hak Cipta

Rupanya google tidak main-main dalam menerapkan janjinya untuk membasmi situs-situs yang dianggap melakkan pelanggaran hak cipta dan pembajakan didunia maya yang ada dalam jaringanya.

Seperti yang dilansir oleh Guardian pada hari selasa tanggal 21 oktober 2014,bahwa google akan merekayasa pencarian situs-situs pembajakan yang terkenal,situs-situs itu meliputi laman konten,musicdan film yang dianggap melanggar hak cipta.Tindakan yang diambil oleh google ini merupakan bentuk respon dari desakan oleh industri music dan film yang merasa hasil karya mereka menjadi korban pembajakan dalam dunia maya.

"Pada Agustus 2012, kami pertama kali mengumumkan akan menurunkan situs yang masuk dalam laporan DMCA (Digital Millenium Copyright Act) yang valid," ujar Penasihat Cipta Senior Google, Katherine Oyama.
DMCA Merupakan perlindungan terhadap keaslian produk yang berformat digital,dan sekarang ini menurut oyama google sudah menyempurnakan rekayasa untuk menurunkan situs-situs pembajak tersebut.
Diharapkan hasil rekayasa ini dapat menurunkan peringkat situs-situs yang dianggap melanggar hak cipta dan dianggap illegal tersebut.
"Dan penerapan rekayasa ini akan dilakukan secara global minggu depan" ujar Oyama.

Salah satu bentuk rekayasa itu aalah dengan cara memberikan iklan untuk yang menganjurkan kepada pengguna internet agar memilih layanan music dan film yang asli dan legal.

Menurut oyama pada tahun 2013 saja pihaknya menerima 224 juta permintaan dari DCMA dalam pencarian di google tentang situs-situs pembajakan.

Google sendiri tidak menerangkan secara pasti tentang situs mana saja yang akan dimusnahkan dari perangkatnya namun ada indikasi bahwa Rapidgrator dan 4shared menjadi incaran karena kedua situs itu menempati peringkat tertinggi dalam laopran pelanggar hak cipata oleh DCMA yang mencapai 7 juta laporan., Jadi kemungkinan kedua situs tersbut akan segera dimusnahkan oleh google.

Langkah Google ini disambut baik oleh kalangan industri musik diantaranya seperti Brithis ponograpic Industry (BPI ), pasalnya industri musik ini yang paling getol melaporkan adanya pelanggran hak cipta atas karya-karya mereka didunia maya yang mencapai 4.3 juta laporan.

BPI juga berharap kepada BING dan Yahoo segera melakukan langkah-langkah seperti yang diambil oleh google untuk memerangi aksi pelanggar hak cipta dan pembajakan dunia maya. (MA)
Disadur dari Viva news
Terima kasih telah membaca artikel tentang Waspadai terhadap Amukan Google Yang Akan Basmi Situs Pelanggar Hak Cipta di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :