Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!

Wah, perusahaan incaran kamu mengirimkan email berisi persyaratan dan kelengkapan wawancara untuk perusahaan mereka! Asyik! Segera buka akun mail kamu untuk mengetahui selengkapnya berita gembira tersebut. Ups. Kenapa Inbox penuh sekali? Ada notifikasi Twitter, Facebook, Linkedin, Reddit, Imageshack, Minus, Google Plus… Aaaaarrrrrrrgh! Ternyata surat dari perusahaan tersebut ‘terkubur’ jauh di bawah email-email jejaring sosial yang gak penting!!!

Familiar dengan situasi tersebut? Atau kamu mungkin mengalaminya sendiri? Seringkali email penting kita terdorong ke halaman berikutnya gara-gara notifikasi tanpa henti dari jejaring sosial yang kebetulan menggunakan email kita. Tapi bila kamu adalah pengguna Gmail, masalah tersebut kini telah teratasi karena Gmail memiliki fitur baru yaitu Gmail Tabs atau New Inbox
Apa hebatnya fitur ini? Mirip dengan folder spam pada Yahoo Mail, Gmail memberikan tiga kategori pengelompokan, yaitu Primary, Social, dan Promotion, sehingga kamu bisa mengelompokkan notifikasi jejaring sosial kamu ke “Social”, sementara jenis email spam dan penawaran dagang yang tidak jelas, bisa kamu masukkan ke tab “promotion”.

Tentu saja kamu hanya perlu berlelah-lelah beberapa kali untuk ‘mengajari’ Gmail memisahkan email kamu. Karena setelah beberapa kali pemakaian, secara otomatis Gmail akan memilih email kamu berdasarkan kecenderungan kamu melakukan pengelompokan (Sekali lagi: mirip dengan sistem folder spam pada Yahoo)
Bagaimana mengaktifkan fitur Inbox terbaru ini?
Gampang! PG akan menuntun kamu untuk melakukan langkah-langkahnya.
1. Buka akun Gmail kamu.
2. Klik pada Setting atau ikon gir di bagian kanan halaman email.
3. Pilih “Configure Inbox” atau “Konfigurasi Inbox” dalam Bahasa Indonesia
4. Kamu akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan Tab. Klik Save setelah melakukan pengaturan akan tab apa yang kamu minta.

Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!
5. Refresh browser kamu, maka kamu akan mendapatkan email dari Tim Gmail pertanda sistem Inbox baru kamu telah aktif.

Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!
Setelah Tab yang kamu inginkan aktif, kelompokkan surat-surat kamu dengan cara mencentang, lalu klik kanan dan pilih “Move to Tab” ke arah tab yang kamu inginkan.
Nanti setelah beberapa kali melakukan hal ini, Gmail akan paham surat mana yang ingin kamu masukkan Tab “Primary”, dan tipe surat apa yang harus masuk ke “Social” ataupun “Promotions”.
Sebagai pelengkap, Gmail juga sudah menampilkan inovasi baru Inbox Gmail ini ke Android versi 4.0 ke atas.

Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!
Fitur ini juga telah tersedia pada perangkat iPad dan iPhone yang menggunakan aplikasi Gmail.

Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!
Dengan adanya sistem Tabs pada Inbox ini, maka kamu akan dengan mudah mengelompokkan surat kamu dan membedakannya dengan notifikasi jejaring sosial. Cara ini akan memudahkan kamu bila ada surat penting yang masuk. Kamu tidak akan lagi kehilangan email berharga hanya karena email tersebut terdorong oleh aneka notifikasi kamu ke halaman berikutnya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs! di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :