Wammu : Phone Manager di Ubuntu

Setiap bulan, saya mempunyai tugas di perumahan tempat tinggalku untuk membuat pengumuman gotong royong melalui SMS. Nah kebetulan saya memiliki USB Modem merk Huawei dan telah disediakan aplikasi Phone Manager namun under Windows. Oleh karena itu, apabila akan kirim sms secara bulk (bersama-sama) maka saya ”terpaksa” harus booting ke Windows.

Nah setelah tanya sana sini kepada penggiat Ubuntu dan om google, ternyata ada aplikasi Phone Manager berbasis GUI di Ubuntu, yaitu Wammu (kalau CLI : Gammu). Cara install dan penggunaanya sangat mudah sbb. :
1. Masuk ke menu Ubuntu Software Center (USC) : Applications –> Ubuntu Software Center dan ketik pada kolom get software : wammu. Tekan enter dan klik Install.

Biarkan sistem Ubuntu mendownload dan menginstall secara otomatis.
2. Cara penggunaan : Applications –> Accesories –> Wammu
3. Setting : Pada saat awal penggunaan Wammu akan menyampaikan informasi jika belum ada setting yang tercatat. Nah, karena saya menggunakan modem USB sebagai alat koneksi, maka saya memilih “None of the above”

4. Klik Next –> Connection Type : Pilih “AT Based”, Next –> Wammu akan mendeteksi modem Huawei dan menginformasikan kalau telah menemukan jenis koneksinya.

5. Modem sudah siap dipergunakan sebagai Phone Manager, termasuk mengirim sms. Agar Wammu dapat berfungsi sebagai Phone Manager, klik Phone –> pilih Connect. Anda sudah bisa mempergunakan Wammu. Anda bisa menampilkan daftar nomor telepon dan SMS dengan cara klik Retreive –> Contacts / Message.
6. Agar pada saat menggunakan Wammu tidak perlu lagi mengaktifkan koneksi modem, maka dapat dilakukan setting otomatis menggunakan menu : Wammu –> Settings dan klik / cek pada “Automatically connect to phone on startup”.

Hanya saja agak disayangkan bahwa nama daftar kontak tidak bisa tampil dengan yang seharusnya, walaupun sudah diganti dan dicoba setting viewnya. Hal tersebut telah saya laporkan sebagai minor bug di Mantis dengan nomor register 000143. Apabila telah ada informasi perbaikan bug, akan saya sampaikan pada kesempatan pertama.
Sumber
Terima kasih telah membaca artikel tentang Wammu : Phone Manager di Ubuntu di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :