Mengetahui Permasalahan PC saat Crash dengan WinCrashReport

Bayangkan ilustrasi berikut:

Kamu sedang asyik berselancar di internet.
Klik buka www.d-portal.blogspot.com
Wow, ada aplikasi keren!


Coba aah! Sepertinya asyik dipakai!
Klik. Download.
Klik. Install.
Layar hitam. Restart.
#$^#&#@$*$&*%
Mengetahui Permasalahan PC saat Crash dengan WinCrashReport
Nah, itulah gambaran situasi ketika sebuah aplikasi baru tidak cocok dengan OS atau spec PC kamu dan mengakibatkan crash.
Meskipun kamu mengabsen tuntas seluruh penghuni Kebun Binatang Surabaya ditambah Rangunan ditambah penghuni Suaka Margasatwa di Lawang, tetap saja kamu tidak tahu, apa sebetulnya yang menyebabkan crash tersebut. Betul? (Jawab: Betuuuuuuulll… *sambil angguk angguk pasrah*)
Nah, sekarang PG akan memberikan petunjuk mengenai program apa yang menyebabkan crash komputer kamu dengan aplikasi yang baru saja kamu install. Aplikasi yang akan kita gunakan disini adalah WinCrashReport.
Ini merupakan aplikasi gratisan portabel yang memungkinkan kamu mendapatkan laporan menyeluruh terhadap aplikasi yang baru saja menyebabkan kamu crash.
WinCrashReport menyediakan alternatif untuk mengetahui program yang baru saja menimbulkan crash pada OS Windows kamu. Jadi, bila Windows kamu baru saja mengalami crash, cukup klik WinCrash Report untuk mendapatkan laporan detil mengenai penyebab crash tersebut.
WinCrashReport akan langsung melaporkan situasi terbaru, yaitu penyebab crash terakhir pada PC kamu. Tak peduli itu seminggu lalu atau sedetik lalu. Hehe…
Mengetahui Permasalahan PC saat Crash dengan WinCrashReport
Laporan tersebut bisa ditampilkan dalam bentuk teks atau HTML dan meliputi informasi berikut: Crash memory address, Exception code, Exception description, Strings found in the stack, call stack, processor registers, modules list, threads list, dan masih banyak lagi.
Mengetahui Permasalahan PC saat Crash dengan WinCrashReport
Lalu apa solusinya bila kita sudah mengetahui penyebab crash tersebut? Tentu saja kamu bisa mempertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi atau program yang menimbulkan crash tersebut. Atau apabila aplikasi tersebut ternyata penting bagi kamu, maka aplikasi baru lah yang harus mengalah. Jangan diinstall dulu.
Kamu bisa mendapatkan WinCrashReport di:
http://www.nirsoft.net/utils/application_crash_report.html
Dengan WinCrashReport, kamu tidak akan lagi bertanya-tanya apa penyebab komputer kamu mengalami crash. Seperti yang dikatakan orang bijak: “Ketakutan dan kemarahan muncul dari ketidaktahuan”
Jadi kalau kamu mengalami crash lagi, kamu tidak perlu lagi mengabsen hewan-hewan tak berdosa di habitatnya. Cukup tarik nafas, buka WinCrashReport. Dan mengangguk-angguk sambil mempertimbangkan langkah berikutnya. Betul? (Jawab: Betuuuuuuulll… *kali ini mengangguk-angguk dengan ekspresi tercerahkan*)
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengetahui Permasalahan PC saat Crash dengan WinCrashReport di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :