Membangun Windows Web Server, FTP Server, Database Server, Dengan XAMPP 1.7.7


Seperti kita ketahui Windows XP memiliki banyak kelemahan dalam hal server. Karena memang Windows XP sendiri bukan diperuntukkan untuk komputer server. Tapi bagi Anda yang sudah terlanjur kesemsem dan jatuh hati dengan sistem operasi besutan Microsoft ini, jangan khawatir, banyak sekali bahkan bisa dikatakan sangat banyak software pihak ketiga yang bisa kita manfaatkan untuk menambahkan kemampuan Windows di bidang server. Salah satunya adalah XAMPP.

XAMPP adalah aplikasi yang bisa di download gratis yang bersisi modul-modul yang dibutuhkan untuk membangun sebuah server yang bekerja dengan baik dalam lingkungan Windows. Dengan XAMPP, kita dapat membangun sebuah web server, FTP server, dan database server sekaligus di Windows dengan langkah yang sangat mudah.
Apa itu web server, FTP server, dan database server, maaf… bukan waktunya saya menjelaskan itu sekarang. Mungkin di lain kesempatan atau Anda bisa mencari referensi dari situs lain, silahkan searching sendiri di Google. Namun yang jelas, dengan XAMPP, Anda dapat membangun sebuah jaringan layaknya internet namun dalam lingkup lokal (intranet).
Dengan XAMPP juga, bagi Anda yang berminat belajar web design, web programming, atau yang berkaitan dengan itu dapat dengan mudah mengelolanya terlebih dulu di server lokal sebelum mengunggahnya ke public. Dengan kata lain belajar offline dulu, baru online.
Persiapan Yang Dibutuhkan
Instalasi XAMPP
Instalasi XAMPP di Windows

1. Setelah berhasil mengunduh XAMPP, jalankan dengan mengklik 2x file tersebut. Lalu klik Next.
Instalasi XAMPP di Windows

2. Tentukan dimana lokasi folder yang diinginkan untuk meletakkan file-file hasil instalasi ini nantinya. Lalu klik Next.
Instalasi XAMPP di Windows

3. Selanjutnya contreng semua opsi yang diberikan. Klik Install.
Instalasi XAMPP di Windows

4. Tunggu beberapa saat, proses instalasi sedang berjalan.
Instalasi XAMPP di Windows

5. Setelah proses selesai silahkan klik Finish.
Instalasi XAMPP di Windows

6. Mungkin beberapa kali Anda akan disuguhkan beberapa pertanyaan. Jawab saja "Yes" dengan menekan tombol "y" lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul kotak XAMPP Control Panel seperti gambar diatas dan sebuah ikon kecil bergambar tulang berwarna orange di kotak tray.
Untuk menguji apakah instalasi ini berhasil atau tidak. Di server, buka browser kesayangan Anda lalu ketikkan http://localhost/ pada address bar. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Lakukan juga di client dengan mengetikkan ip address server di browser. Contoh disini ip address yang saya gunakan adalah 192.168.2.30, jadi di browser saya ketikkan http://192.168.2.30/.
Instalasi XAMPP di Windows
Gambar XAMPP yang telah berhasil diinstall
Demikian tutorial sederhana bagaimana membangun sebuah web server dengan XAMPP, semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba…
Terima kasih telah membaca artikel tentang Membangun Windows Web Server, FTP Server, Database Server, Dengan XAMPP 1.7.7 di blog Angka Belia jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :